Hari Nuzulul Qur'an adalah peringatan hari turunnya Al-Qur'an pertama kali dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul 'Atiq (Ka'bah) di Makkah pada bulan Ramadhan. Hari Nuzulul Qur'an biasanya dirayakan pada tanggal 17 Ramadhan dalam kalender Hijriyah.

Peringatan Nuzulul Qur'an menjadi momen penting bagi umat Muslim untuk merenungkan makna dan pesan yang terkandung dalam Al-Qur'an. Pada hari ini, umat Muslim di seluruh dunia melakukan berbagai kegiatan seperti membaca Al-Qur'an, berdzikir, mengaji bersama, dan melakukan amal kebajikan.

Biasanya dihari Nuzulul Qur'an ada acara perayaan, sebagai teks pidato Nuzulul Qur'an teks pidato tema Nuzulul Qur'an dibawah ini mungkin bisa kamu jadikan referensi 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Kaum muslimin muslimat yang kami hormati. Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita panjatkan puji
syukur kehadirat Allah SWT. 

karena pada malam ini kita bisa berkumpul di halaman masjid ini tanpa ada halangan suatu apapun dalam rangka memperingati hari besar Islam yakni Nuzulul Quran, atau turunnya Wahyu A-Qur'an.

Hadirin sekalian yang hormati
Pada tanggal 17 Romadhon Allah menurunkan kepada Nabi kita Muhammad SAW. wahyu (AI-Qur'an). Kita sudah mengetahui bahwa Nuzulul Qur'an adalah turunnya Al-Qur'an, yang mana ajaran yang dikandung Al-Quran tersebut menjadi pedoman hidup orang-orang sebelum kita dan sesudah kita bahkan sampai akhir zaman.

Disamping, Al-Qur'an yang menjadi tuntunan hidup, garis-garis Islam adalah Hadits Nabi Muhammad SAW. A-Our'an adalah kitab suci yang merupakan kumpulan dari firman-firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAVV. untuk dijadikan pedoman hidup di dunia untuk menuju hidup yang lebih langgeng di akhirat kelak. 

Kita umat Islam tidakboleh ragu- ragu akan kandungan isi Al-Qur'an sebab Allah telah menurunkan Al-Qur'an dan la pula yang menjaganya dari tangan-tangan jahil yang dibuat oleh manusia. Dalam Al-Qur'an sendiri Allah telah menyatakan: Sesungguhnya Kami (Allah) yang menurunkan Al-Qur'an dan sesungguhnya Kami pula
yang menjaganya.

Hadirin sekalian yang berbahagia
Lain halnya dengan kitab Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa,
Zabur kepada nabi Dawud, dan Injil kepada Nabi lsa, keberadaan kitab-kitab
tersebut sekarang sudah tidak autentik lagi sudah mendapat tambahan dan pengurangan dari umat-umatnya. 

Terhadap keberadaan kitab-kitab Allah tersebut (yakni Injil, Zabur dan Taurat) yang sudah kecampuran tangan- tangan jahil tersebut kita tidak boleh mempercayainya, apalagi melaksanakan isinya. Akan tetapi kita harus percaya dan seyakin-yakinnya bahwa Allah Ta'ala pernah menurunkan kitab-kitab tersebut kepada nabi Musa, Dawud dan Isa as.
Hadirin sekalian yang berbahagia!

Dengan memperingati hari turunnya al-Qur'an, hendaknya kita mencontoh dan mencocokkan lagi perilaku kita dengan isi kandungan Al- Qur'an dengan demikian niscaya kehidupan kita di dunia ini akan selamat yang pada akhirnya kita semua akan dimasukkan oleh Allah ke syurga-Nya. 

Demikian sambutan kami pada kesempatan ini, mudah-mudahan ada
guna dan manfaatnya. Terima kasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kesalahannya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama