Generasi muda merujuk pada kelompok populasi yang lahir dalam periode waktu tertentu, yang umumnya dianggap sebagai masa transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Generasi muda juga dikenal dengan sebutan "millennials" atau "generasi Y" (kelahiran antara tahun 1981-1996) dan "generasi Z" (kelahiran antara tahun 1997-2012). Kelompok ini seringkali didefinisikan oleh pengaruh teknologi yang signifikan dalam hidup mereka, seperti internet, media sosial, dan perangkat mobile.

Jika kita diminta untuk memberikan pidato didepan generasi muda ini dengan sedikit menyentuh nuansa keislaman mungkin teks dibawah bisa dijadikan referensi 

ssalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Saudara-saudara khususnya para kawula muda yang kami cintai. Untuk mengawali pembicaraan kami ini, patutlah kiranya kita memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. 

karena pada malam ini kita bisa bertatap muka dengan saudara-saudara yang tempatnya mungkin berjauhan tanpa ada halangan suatu apapun. Semoga pertemuan kita pada maiam ini antar pemuda membawa suatu manfaat khususnya dikalangan pemuda.

Hadirin sekalian yang berbahagia
Memang pemuda mempunyai peranan yang sangat penting ditengah- tengah masyarakat, karena pemudalah yang akan meneruskan perjuangan generasi tua, sebagai tonggak sejarah. 

Dengan demikian generasi muda haruslah mempunyai ilmu dan keterampilan yang bermanfaat, bagi kehidupan dunia dan akhirat. Sebab hanya di tangan pemudalah nasib umat, yakni maju mundurnya umat itu terletak pada pemuda-pemuda. 

Karena itu masalah pemuda masalah yang sangat penting sekali, sehingga masa baligh sampai-sampai mengalami masa pancaroba. Jiwanya mengalami kegoncangan-kegoncangan. Kalau pemuda itu mempunyai semangat yang menyala dan terpengaruh dengan lingkungan yang tidak sesuai dengan tuntunan agama, maka semangat tersebut akan terjerumus kepada kehinaan, kejahatan / keriminal. Oleh karena itu pemuda, hendaknya mendapatkan perhatian, pengarahan, bimbingan kerohanian. Harapan kami kepada kawula muda isilah masa pancaroba ini dengan kegiatan-kegiatan yang positif, dan juga isilah dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat, seperti apa yang dikatakan oleh mam Syafii yang artinya

"Hidupnya pemuda itu demi Allah harus dengan ilmu dan taqwa kepada Allah, apabila kedua-duanya kosong, berarti pemuda itu tiada artinya. Dengan demikian jelaslah bahwa apa yang dikatakan oleh Imam Syafi'i tersebut sangat berdominan untuk dimiliki oleh tiap-tiap kawula muda. Kita sebagai generasi penerus dan generasi yang sudah tua, hendaknya mulai sedini mungkin bersiap-siap untuk menduduki jabatan generasi penerus, dan dalam menghadapi generasi penerus hendaknya kita membawa bekal ilmu dalam arti ilmu agama atau umum termasuk juga didalamnya ilmu keterampilan dan ketaqwaan kepadaTuhan Yang Maha Esa. 

Sebab generasi muda yang dibekali dengan ilmu dan ketaqwaan kepada Allah, Insya Allah di dalam mengatur dan menjalankan roda pembangunan sesuai dengan norma-norma agama, tidaklah menyimpang dari garis-garis agama.
Semoga kita semua menjadi pemuda yang benar-benar tangguh, generasi yang tahan bantingan, kreatif dan bermanfaat di tengah-tengah masyarakat. 
Demikian kata sambutan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini mudah-mudahan ada guna dan manfaatnya. Terima kasih atas segala perhatian dan maaf atas segala kekurangannya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh teks pidato sambutan untuk generasi muda diatas hanya ilustrasi selebihnya kamu yang atur sendiri.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama