Kematian pada dasarnya adalah pasti bagi setiap insan, berikut adalah contoh pidato di acara pemakaman

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bapak-bapak serta saudara-saudara sekalian yang kami hormati.Perkenankanlah kami disini selaku wakil dari Bapak Abdurrohman
sekeluarga yang telah mendapat musibah atas kematian Bapaknya,
mengucapkan banyak ribuan terima kasih atas kehadirannya untuk menghadiri pemakaman ayah dari Abdurohman yang bernama Bapak Salim Iklim. 

Bapak Salim Iklim sekarang telah dipanggil oleh Allah untuk menghadapNya dengan membawa pertanggungan jawab dihadapan-Nya. Untuk itu kami atas nama keluarga dari bapak Abdurrohman memohonkan do'a kepada Allah semoga amal perbuatan dari Bapak Salim Iklim diterima oleh Allah dan semoga semua kesalahan-kesalahannya di ampuni-Nya. 

Dengan demikian kami atas nama keluarga dari shohibul musibah, tidak bisa membalas apa-apa atas bantuan yang diberikan Bapak serta saudara sekalian kepada kami atas berlangsungnya pemakaman jenazah Bapak Salim Iklim ini, hanya ucapan terima kasih dan semoga dibalas oleh Allah SWT. dengan balasan yang setimpal.

Bapak-Bapak serta saudara-saudara sekalian yang kami hormati. Dengan meninggalnya saudara muslim kita yang bernama Bapak Salim Iklim ini adalah merupakan pelajaran dan peringatan bagi kita semua, bahwa yang namanya makhluk khususnya manusia, pasti suatu saat akan mati, akan meninggalkan dunia, dan kita semua yang pada hari mengantarkan jenazah Bapak Salim Iklim ke kuburan pada hari ini, pasti pada suatu saat kalau Allah SWT mengizinkan akan diantarkan pula ke kuburan yakni meninggal dunia. Untuk itu bagi kita semua yang masih diperkenankan oleh Allah hidup dimuka bumi ini, marilah kita gunakan sisa hidup ini dengan

sebaik-baiknya, mari kita tata kehidupan ini sesuai dengan Al Quran dan Al
Hadits, sebab kelak yang kita bawa adalah amal-amal yang baik. Dan amal-
amal yang baik itu hanya bias dicari dan dikurnpulkan sewaktu kita hidup di muka bumi ini. Sekali lagi marilah kita berdo'a kepada Allah, semoga Bapak Salim lkim hari ini yang telah mendahului kita diterima semua amal usahanya dan
diampuni segala dosa-dosanya, dan bagi kíta semua yang masih hidup dimuka bumi ini diberi kekuatan iman dan Islam sehingga kita dalam menghadapi kematian itu sudah cukup banyak bekal yang kita bawa tentunya bekal amal yang diridloi Allah SWTAmin ya robbal 'alamin. 

Demikian sepatah kata yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini bila ada kekurangan dan kekhilafannya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama