Maulid Nabi adalah hari yang diperingati oleh umat Islam untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Hari ini jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriyah, yaitu kalender Islam. Kelahiran Nabi Muhammad SAW dianggap sebagai momen penting dalam sejarah Islam, dan diperingati dengan berbagai kegiatan seperti membaca sejarah hidup Nabi Muhammad SAW, mengadakan acara peringatan, dan memberikan santunan kepada yang membutuhkan.

Hari Maulid Nabi diperingati oleh umat Islam di seluruh dunia dan merupakan hari libur nasional di beberapa negara dengan mayoritas penduduk Muslim, termasuk di Indonesia. Namun, ada perbedaan pendapat di kalangan umat Islam tentang peringatan Maulid Nabi ini, karena tidak ada tuntunan dari Nabi Muhammad SAW dan para sahabat untuk memperingati kelahirannya.

Berikut adalah contoh pidato sambutan dihari maulid nabi Muhammad Saw 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kaum muslimin-muslimat serta para undangan sekalian yang kami hormati. A-hamdulillah kíta panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena pada malam yang cerah ini kita bisa berkumpul dihalaman masjid tanpa ada halangan suatu apapun dalam rangka memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. 

Yang lazimnya disebut dengan Maulid Nabi Muhammad SAW. Semoga pertemuan kita ditempat ini senang tiasa mendapat ridho dari Allah SWT.

Hadirin sekalian yang berbahagia
orang Islam dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. memang hal yang wajar. Sebagaimana kita ketahui bersama dalam sejarah Islam, hahwa beliau dilahirkan di kota Mekkah al- Mukarromah, tepatnya hari Senin tanggal 12 Rabi'ul Awal tahun Gajah. 

Dinamakan tahun gajah karena pada kelahiran Nabi Muhammad SAW. banyak tentara bergajah yang dipimpin oleh Raja Abrahah (gubernur Yaman) hendak menghancurkan Ka'bah sebagai pusat peribadatan seluruh umat islam di muka bumi ini. Sebelum maksud dan cita-cita bala tentara yang dipimpin oleh Raja Abrahah itu tercapai, terlebih dahulu mereka dihancurkan oleh Allah lewat burung Ababil dengan batu-batu yang datangnya dan neraka. 

Mengingat keadaan yang demikian itu, akhirnya gagal total usaha- usaha yang dilancarkan oleh Raja Abrahah dengan bala tentaranya. Hadirin sekalian yang berbahagia!
Sebagai
Beliau dilahirkan ke muka bumi dalam keadaan yatim, sehingga beliau
tidak sempat mengetahui dengan mata kepalanya sendiri bagaimana bentuk
tubuh ayahnya. 

Nama ayahnya adalah Abdullah bin Abdul Mutholib sedangkan 
ibunya bernama Siti aminah. Sesudah beliau berusia 6 tahun beliau ditinggal
wafat oleh ibunya, sejak saat itu keadaannya menjadi yatim piatu.

Kemudian kakeknya yang bernama Abdul Mutholib yang memelihara beliau. tidak begitu lama kemudian kakeknya meninggal dunia. Selanjutnya pamannya yang bernama Abu Tholib yang mengurusi kehidupannya. Telah diceritakan dalam sejarah, bahwa beliau sewaktu kecil bekerja sebagai penggembala kambing milik orang lain, sesudah itu beliau berdagang bersama pamannya ke negri Syam.
Hadirin sekalian yang berbahagia.
Dengan kehadiran Nabi Muhammad SAW. dimuka dunia ini, berarti kita bisa membedakan mana ajaran yang hak dan yang bathil. 

Dan memang Nabi Muham mad diutus ke muka bumi ini adalah untuk menyempurnakan budi pekerti yang mulia. Karena itu marilah kita contoh apa yang diajarkan oleh Nabi SAW. karena beliaulah sebagai panutan yang paling ideal, uswatun hasanatun.
Hadirin sekalian yang berbahagia.
Marilah kita sambut hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. dengan mencotoh jejak beliau yang telah diabadikan dalam kitab Al-Hadits. Dan untuk mencontoh sikap dan perilaku Nabi Muhammad SAW. 

itulah adalah perintah Allah sendiri dalam Al-Qur'an. Hadirin kaum muslimin muslimat yang kami hormati. Demikian kata sambutan yang dapat kami sampaikan dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. semoga ada manfaatnya. 

Untuk itu kami ucapkan terima kasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kesalahannya

Wassalamu'alaikurn Warahmatullahi Wabarakatuh

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama