Tahun Baru Hijriyah atau juga dikenal sebagai Tahun Baru Islam adalah hari raya penting bagi umat Islam yang dirayakan pada tanggal 1 Muharram, bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Perayaan ini biasanya dianggap sebagai momen refleksi dan introspeksi bagi umat Islam untuk meningkatkan kualitas hidup dan keimanan mereka.
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh teks pidato dibawah tema tahun baru hijriah mungkin bisa menambah wawasan kamu jika akan membuat naskah pidato tema yang sama

Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia. Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT karena pada malam kita masih diberi kesehatan jasmani dan rohani, sehingga bisa berkumpul di majlis ini dalam rangka memperingati tahun baru hijriyah. Selanjutnya sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada
junjungan Nabi Muhammad SAW. 
karena beliaulah yang memberikan bimbingan dari arah kegelapan menuju arah ljalan yang terang benderang.

Hadirin kaum muslimin muslimat yang berbahagia! Malam ini tepatnya tanggal 1 Muharrom kita telah memasuki tahun baru Islam, berarti kita meninggalkan tahun-tahun yang kita lalui bersama. 

Tentu saja tahun-tahun yang kita lalui itu banyak pengalaman-pengalaman yang pahit dan manis, tetapi kesemuanya itu mari kita anggap suatu yang biasa dalam kenangan hidup. Mungkin tahun yang lalu masih sering atau lalai dalam menjalankan perintah-perintah Allah. Atau mung kin menerjang larangan-larangan Allah. 

Untuk Itu dengan pergantian tahun, yakni dalam memasuki tahun baru ini, mari kita isi dengan lembaran-lembaran yang baru, lembaran-lembaran yang penuh dengan ukiran emas, dengan kata lain pada tahun sekarang yang baru ini, mari kita isi dengan amalan-amalan yang diridloi oleh Allah. 

Sebab dengan bertambahnya tahun ini berarti kita telah diberi kesempatan oleh Allah untuk berkiprah di muka bumi ini. Karena itu kesempatan yang diberikan Allah itu kita gunakan untuk meraih kebajikan, meraih ridho Allah. Kalau kesempatan ini tidak kita gunakan dengan sebaik baiknya, artinya kita isi dengan amalan-amalan yang jelek, untuk menumpuk-numpuk dan mencari-cari kemaksiatan, berarti kita akan untuk rugi elama-lamanya, dalam menempuh hidup ini. Dalam ini Allah Ta'ala

herfirman dalam Al-Qur'an Surat Al- ashr yang artinya: "Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam keadaan rugi, kecuali orang- orang yang beriman dan mengerjakan perbuatan-perbuatan yang baik dan orang-orang yang saling berwasiat supaya mengerjakan yang hag dan saling berwasiat supaya bersabar.

Hadirin sekalian yang berbahagia!
Memang waktu itu harus benar-benar kita perhatikan, sebab waktu itu adalah pedang. Ada lagi yang mengibaratkan bahwa waktu itu adalah ibarat emas, barangsiapa yang tidak bisa menggunakan pedang itu dengan baik, orang itu sendiri yang akan dipenggalnya. Dengan demikian memasuki tahun baru hijriyah berarti kita dituntut untuk lebih prihatin dan berhati-hati dalam menggunakan kesempatan hidup dimuka bumi ini, dituntut untuk berlomba-lomba mencari kebaikan, sebab hidup di dunia ini ada balas akhirnya, sedangkan hidup di akhirat kelak tanpa batas akhir. 

Dan kehidupan di dunia inilah yang menentukan baik dan celakanya hidup seseorang di akhirat kelak.
Demikían kata sambutan yang dapat kami sampaikan dalam kesempatan ini dalam rangka memperingati tahun baru hijriyah. 

Semoga ada guna dan manfaatnya bagí kita semua. Terima kasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kekurangannya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama