Contoh pidato hari peringatan sosial

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Saudara-saudara sekalian yang kami hormati, Pada kesempatan yang baik ini marilah kita mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT. karena pada pagi yang cerah ini kita bisa berkumpul ditempat ini guna untuk memperingati Hari Sosial yang tepatnya pada tanggal 20 Desember.

Kita semuanya menyadari bahwa manusia tidaklah bisa hidup dengan sendiri-sendiri tanpa bantuan dari orang lain, baik itu yang kaya ataupun yang miskin, semuanya pasti saling membutuhkan, ibarat mata rantai yang satu sama lain saling membutuhkan, jadi jelas bahwa kita tidak bisa hidup secara terpisah satu sama lain.

Sebab mulai lahir manusia sudah butuh pertolongan dari bidan, butuh
perawatan, butuh pakaian memerlukan penjahit, butuh pangan memerlukan
petani, sewaktu sakit memerlukan pertolongan dokter dan lain sebagainya. 

Apalagi masa-masa sekarang ini dimana-mana ditegaskan masalah mengentas kemiskinan. Masalah ini adalah tanggung jawab kita semua, baik pemerintah ataupun rakyat tanpa rasa sosial tidak mungkin program yang baik ini bisa terlaksana. Oleh karena itu program pemerintah yang baik itu hendaknya kita dukung
dengan sebaik-baiknya, dengan demikian berarti ikut memecahkan dan memikirkan nasib orang lain.

Hadirin sekalian yangkami hormati
Kita hidup di tengah-tengah masyarakat hendaklah saling tolong- menolong antara satu dengan yang lainnya. Karena tanpa pertolongan orang lain kita tidak mampu untuk berdiri sendiri, walaupun orang itu kaya raya. Begitu juga yang miskin tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang kaya, apakah dengan bekerja, sebagai buruh atau karyawan.

Dengan memperingati hari sosial, marilah kita camkan sikap kepedulian
sosial terhadap sesama manusia, sebab tanpa kepedulian sosial masyarakat akan hidup kocar-kacir tanpa arah dan tujuan, yang kaya yang menindas yang miskin, begitu yang miskin akhirnya berbuat yang tidak senonoh kepada yang kaya raya, apakah itu dengan jalan mencuri, merampok dan lain sebagainya. 

Sekali lagi dalam memperingati hari sosial ini, mari kita galakkan sikap toleransi dan kepedulian sosial terhadap sesama manusia, agar hidup kita menjadi rukun damai dan penuh kebahagiaan. Dan dalam kesempatan ini marilah kita dukung program pemerintah yang mencanangkan kepedulian sosial terhadap sesama manusia.

Demikian kata sambutan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini. Terima kasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kekurangannya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama